Lemonilo Versus Supermi Nutrimi Goreng: Perbandingan Komposisi dan Kandungan Nilai Gizi

2
Published on 6 March 2022
Lemonilo versus Supermi Nutrimi Varian Mi Goreng

Tidak lama setelah Lemonilo gencar beriklan di televisi nasional, muncul iklan Supermi Nutrimi yang juga mengusung tema mi instan sehat.

Keduanya mengklaim tidak menggunakan pengawet, pewarna sintetis, dan penguat rasa. Sayuran pun dijadikan sebagai bahan pembuat mi untuk kedua produk tersebut.

Untuk memperkuat klaim sebagai mi instan sehat, kedua mi instan tersebut mencantumkan logo "Pilihan Lebih Sehat dibandingkan produk sejenis bila dikonsumsi dalam jumlah wajar" dari BPOM. Logo tersebut menandakan bahwa produk mi instan yang bersangkutan telah memenuhi kriteria kesehatan tertentu, yaitu mengandung lemak total maksimal 20 g per 100 gram dan garam (natrium) maksimal 900 mg per 100 gram.

Lalu, apakah perbedaan Lemonilo dan Supermi Nutrimi? Dalam artikel ini, saya akan membandingkan Lemonilo rasa mi goreng dengan Supermi Nutrimi mi goreng rasa steak ayam.

Lemonilo Mi Goreng VS Supermi Nutrimi Mi Goreng Steak Ayam

Perbandingan Komposisi Lemonilo Mi Goreng VS Supermi Nutrimi Mi Goreng

[tabel lebih optimal dilihat di komputer atau di handphone dan tablet yang mendukung geser horizontal]

Lemonilo Mi GorengSupermi Nutrimi Mi Goreng Steak Ayam
MiTepung terigu, tepung mocaf, garam, saripati bayam (0.04%), kloforil, penstabil (gum arabik), pengembang natrium karbonatTepung terigu, minyak nabati, garam, brokoli bubuk (0.1%), penstabil (nabati dan fosfat), pengatur keasaman, pewarna alami klorofilin tembaga kompleks Cl 75815, mineral (zat besi), dan antioksidan (TBHQ)
BumbuGaram, gula, bubuk bawang putih (0.5%), bubuk bawang bombai (0.5%), kaldu ayam (0.11%)Gula, garam, ayam bubuk, tomat bubuk, bawang putih bubuk, jamur bubuk, ekstrak ragi, lada bubuk, dan vitamin (A, B1, B6, B12, Niasin, Asam Folat dan Pantotenat)
Bubuk CabaiBubuk cabai (0.3%)Cabe bubuk
Minyak BawangMinyak nabati, bawang merah (1.9%)-
Minyak Bumbu-Minyak nabati, kecap manis (mengandung kedelai & gandum), dan bumbu steak ayam (mengandung antioksidan alfa tokoferol)
Kecap ManisGula, air, garam, kedelai hitam-
Bahan Pelengkap-Sayuran kering (jagung 1.2%, wortel 0.6%) dan TVP
AlergenTepung terigu, kedelai hitamTepung terigu, kedelai, gandum, TVP. Mungkin mengandung kacang tanah, udang, ikan, susu, telur, dan moluska.

Informasi tambahan lainnya yang perlu diperhatikan adalah pada kemasan mi Lemonilo tercantum bahwa mi dibuat tanpa proses penggorengan. Mi Supermi Nutrimi tidak memiliki klaim seperti itu pada kemasannya.

Perbandingan Informasi Nilai Gizi Lemonilo Mi Goreng VS Supermi Nutrimi Mi Goreng

[tabel lebih optimal dilihat di komputer atau di handphone dan tablet yang mendukung geser horizontal]

Lemonilo Mi GorengSupermi Nutrimi Mi Goreng Steak Ayam
Takaran Saji80 g80 g
Energi Total320 kkal380 kkal
Energi dari Lemak60 kkal140 kkal
Energi dari Lemak Jenuh25 kkal-
Lemak Total7 g (10% AKG)15 g (23% AKG)
Lemak Trans0 g (0% AKG)-
Kolesterol0 mg (0% AKG)0 mg (0% AKG)
Lemak Jenuh3 g (15% AKG)7 g (35% AKG)
Protein7 g (11% AKG)7 g (12% AKG)
Karbohidrat Total58 g (18% AKG)54 g (17% AKG)
Serat Pangan4 g (12% AKG)4 g (13% AKG)
Gula5 g6 g
Garam (Natrium)640 mg (43% AKG)590 mg (39% AKG)
Kalium3% AKG-
Kalsium2% AKG-
Zat Besi4% AKG40% AKG
Niasin-10% AKG
Asam Folat-25% AKG
Asam Pantotenat-8% AKG
Vitamin A-25% AKG
Vitamin B1-30% AKG
Vitamin B6-30% AKG
Vitamin B12-20% AKG

Persen AKG berdasarkan kebutuhan energi 2150 kkal. Kebutuhan energi Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah.

Keterangan:
Informasi pada artikel ini berdasarkan informasi yang tertera pada kemasan mi instan Lemonilo rasa mi goreng yang dibeli pada April - Mei 2021 dan Supermi Nutrimi mi goreng rasa steak ayam yang dibeli pada Februari 2022 di wilayah Jabodetabek. Produsen dapat mengubah informasi sewaktu-waktu dan penulis tidak dapat selalu menjamin kemutakhiran informasi.

2
First published by  on .

2 Comments

Add new comment
  • Yang jadi masalah disini adalah, penulis tidak memberikan verdict atau konklusi dari pertanyaan di awal yaitu lebih sehat mana, hanya membandingkan. Saya jadi penasaran sebenarnya tujuan dari post ini hanya membandingkan atau benar-benar memberikan rekomendasi/konklusi…. karena yang penting malah yang akhir ini…

    • Terima kasih atas masukannya.
      Sebenarnya dari judul artikel sudah jelas bahwa tujuan artikel ini adalah untuk membandingkan komposisi dan kandungan nilai gizi.
      Di paragraf-paragraf awal sudah ada keterangan bahwa kedua mi sudah mempunyai logo “Pilihan Lebih Sehat dibandingkan produk sejenis bila dikonsumsi dalam jumlah wajar” dari BPOM. Artinya, kedua mi dapat mengklaim diri sebagai mi sehat. Lalu, jika keduanya adalah mi sehat, “apa bedanya?” – itu adalah pertanyaan utama yang ingin dijawab artikel ini dengan membandingkan informasi yang tercantum pada label kemasan kedua produk itu dalam bentuk tabel perbandingan.

      Jika pembaca ingin mendapatkan jawaban untuk pertanyaan “sebaiknya pilih yang mana?”, pembaca dapat menyesuaikan pilihan dengan kondisi kesehatan dan kebutuhan gizi masing-masing. Misalnya:

      • Jika pembaca alergi udang, maka sebaiknya pilih Lemonilo karena Supermi Nutrimi mencantumkan keterangan “Mungkin mengandung kacang tanah, udang, ikan, susu, telur, dan moluska.”
      • Jika ingin menambah asupan vitamin, bisa pilih Supermi Nutrimi karena mengandung vitamin A, B1, B6, B12, Niasin, Asam Folat dan Pantotenat, sedangkan Lemonilo tidak ada tambahan vitaminnya.
      • Jika ingin mengurangi asupan kalori, sebaiknya pilih Lemonilo karena mengandung 320 kkal, sedangkan kalori Supermi Nutrimi adalah 380 kkal.
      • Jika ingin mengurangi konsumsi garam, sebaiknya pilih Supermi Nutrimi karena mengandung garam 590 mg, sedangkan Lemonilo 640 mg.

      dan seterusnya seperti itu. Silakan dicocokkan dengan kebutuhan masing-masing.

      Semoga menjadi lebih jelas ya.

      —–
      Disclaimer: saya bukan dietisien, ahli gizi, atau dokter gizi sehingga tidak bisa memberikan konsultasi kesehatan secara lebih dalam. Saya hanya konsumen yang suka membandingkan sejumlah produk supaya saya bisa memilih produk mana yang sesuai dengan kebutuhan gizi saya dan keluarga. Setelah saya bandingkan, biasanya saya share informasi perbandingan produk-produk itu di blog saya dengan harapan bisa membantu orang-orang yang juga sedang menjaga asupan gizinya.

Add A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *