Arti Tulisan Cuka Apel “With Mother”

0
Updated on 15 December 2021
Cuka Apel
Ilustrasi Cuka Apel oleh wicherek

Beberapa produk cuka apel atau apple cider vinegar (ACV) memiliki keterangan tulisan "with mother" atau "with the mother" di kemasannya. Keberadaan "the mother" tersebut sering menjadi nilai tambah yang ditonjolkan oleh para produsen dan penjual ketika menawarkan produk cuka apel mereka. Mengapa demikian?

Apa itu Mother di Cuka Apel?

Yang dimaksud dengan mother di cuka apel adalah endapan berwarna keruh yang merupakan kumpulan kultur bakteri dan asam.

Kemunculan endapan tersebut merupakan bagian dari proses pembuatan cuka apel.

Pada tahap awal pembuatan cuka apel, ragi (yeast) ditambahkan ke jus apel untuk memecah gula dan mengubahnya menjadi alkohol. Pada tahap selanjutnya, bakteri ditambahkan untuk mengubah alkohol menjadi cuka atau asam asetat (acetic acid). Bakteri itulah yang menjadi mother karena merupakan katalis yang membentuk cuka.

Cuka apel dengan the mother biasanya memiliki tulisan keterangan tambahan, seperti mentah (raw), belum disaring (unfiltered), belum dipasteurisasi (unpasteurized), dan belum direfinasi (unrefined).

Cuka apel yang masih memiliki mother berwarna keruh dan terlihat seperti memiliki serabut-serabut halus. Hal itu berbeda dengan cuka apel yang sudah tidak memiliki mother di mana warna cuka lebih bening dan bersih karena sudah mengalami proses penyaringan, pasteurisasi, dan refinasi.

Mengapa Cuka Apel with the Mother Lebih Sehat?

Manfaat dan keampuhan cuka apel untuk kesehatan manusia masih harus diteliti lebih dalam lagi. Akan tetapi, secara umum, cuka apel dengan mother dipercaya memiliki khasiat yang lebih besar daripada cuka apel tanpa mother. Hal tersebut karena cuka apel dengan mother mengandung asam asetat yang tinggi dan memiliki banyak komponen yang dapat membantu menyehatkan tubuh, seperti enzim, mineral, dan probiotik.

Asam Asetat

Kandungan asam asetat yang tinggi di cuka apel yang mengandung mother dipercaya dapat membantu mengontrol kadar gula darah, tekanan darah, dan kolesterol.

Enzim

Enzim yang terkandung dalam mother membantu tubuh memecah makanan sehingga nutrisi makanan dapat terserap dengan lebih baik.

Probiotik

Bakteri baik dalam mother membantu meningkatkan imunitas tubuh dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Cuka Apel dengan Mother Versus Tanpa Mother

Jika memang cuka apel dengan mother lebih sehat, lalu kenapa ada yang jual cuka apel tanpa mother? Apa sia-sia membeli cuka apel tanpa mother?

Pemilihan cuka apel yang terbaik dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan peruntukan cuka apel.

Jika ingin mendapatkan manfaat kesehatan dari cuka apel dengan cara mengonsumsinya, pilihan terbaik adalah cuka apel dengan mother karena cuka apel tersebut memiliki lebih banyak komponen yang menyehatkan tubuh.

Jika ingin menggunakan cuka apel sebagai cairan pembersih rumah tangga atau untuk membersihkan makanan dan mencuci rambut, cuka apel tanpa mother dapat menjadi pilihan karena tidak meninggalkan residu endapan.

Cuka Apel haram atau halal?

Apakah dengan adanya alkohol dalam proses pembuatan cuka apel membuat cuka apel otomatis menjadi haram? Tidak. Proses pembuatan cuka apel yang benar dapat menghasilkan cuka apel yang halal. Di Indonesia terdapat beberapa produk cuka apel produksi lokal yang memiliki sertifikat halal MUI, seperti Vinega.

Referensi:

  • https://enzymedica.com/blogs/ingredient-science/what-is-the-mother-in-apple-cider-vinegar
  • https://www.doconline.com/blog/benefits-of-apple-cider-vinegar-with-the-mother
  • https://www.medicalnewstoday.com/articles/320930#detox
  • https://www.webmd.com/diet/apple-cider-vinegar-and-your-health
  • https://wellnessmama.com/121495/apple-cider-vinegar-mother/
0
First published by  on Last Modified on 15 December 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *