Perbedaan Cooling 5 Biru, Merah, dan Oranye

0
Updated on 13 January 2022
Logo Cooling 5

Cooling 5 adalah antiseptik semprot untuk mulut dan tenggorokan yang diproduksi oleh Novell Pharmaceutical Laboratories. Produk kesehatan ini memiliki 3 varian warna yang saya temukan banyak beredar di pasaran, yaitu biru, merah, dan oranye.

Apakah perbedaan warna tersebut hanya menandakan perbedaan rasa? Jawabannya adalah tidak. Warna yang berbeda juga menandakan fungsi yang berbeda. Jadi, jangan sampai salah pilih ya.

Artikel ini berisi informasi mengenai Cooling 5 Cherry (Merah), Cooling 5 Cool Mint (Biru), dan Cooling 5 Plus Orange Flavour / Rasa Sejuk (Oranye). Pada bagian akhir, saya tuliskan perbandingan ketiga varian tersebut.


Cooling 5 Cherry (Merah)

Cooling 5 Cherry Merah

Cooling 5 merah adalah antiseptik semprot untuk mulut dan tenggorokan rasa ceri dengan kandungan bahan aktif Phenol Crystal 1,4%.

Fungsi

Untuk meredakan sakit tenggorokan, iritasi tenggorokan, tenggorokan kering, sakit pada lapisan mulut dan gusi, sariawan, dan bau mulut tak sedap.

Cara pakai

Semprotkan 2-3 kali ke arah tenggorokan atau pada daerah yang sakit. Ulangi setiap 2 jam dan dapat digunakan beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil optimal.

Cara simpan

Simpan pada suhu kamar (25°-30°C) dan jangan disimpan dalam freezer.

Harga

HET kemasan 15 mL produksi tahun 2020 adalah Rp37.000.


Cooling 5 Cool Mint (Biru)

Cooling 5 Cool Mint Biru

Cooling 5 biru adalah antiseptik semprot untuk mulut dan tenggorokan rasa min segar dengan kandungan bahan aktif Phenol Crystal 1,4% (Advance Formula).

Fungsi

Untuk meredakan sakit tenggorokan, nyeri akibat sariawan, iritasi ringan pada mulut, tenggorokan, dan bibir.

Cara pakai

Semprotkan 2-3 kali ke arah tenggorokan atau pada daerah yang sakit. Ulangi setiap 2 jam dan dapat digunakan beberapa kali sehari untuk mendapatkan hasil optimal.

Cara simpan

Simpan pada suhu kamar (25°-30°C) dan jangan disimpan dalam freezer.

Harga

HET kemasan 15 mL produksi tahun 2020 adalah Rp37.000.


Cooling 5 Plus Orange Flavour / Rasa Jeruk (Oranye)

Cooling 5 Plus Rasa Jeruk Oranye

Cooling 5 oranye adalah antiseptik semprot untuk mulut rasa jeruk dengan kandungan Phenol 5 mg dan Benzocaine 3 mg dalam setiap mL larutan.

Fungsi

Untuk menghilangkan rasa sakit, misalnya pada sakit gigi, radang gusi, dan sakit dari rangsangan pada saat pertumbuhan gigi.

Cara pakai

Semprotkan atau oleskan sedikit pada tempat yang sakit. Dapat diulang setiap 3-4 jam jika diperlukan.

Cara simpan

Simpan pada suhu di bawah 30°C.

Harga

HET kemasan 15 mL produksi tahun 2021 adalah Rp45.500.


Kesimpulan

Biru VS Merah

Cooling 5 biru dan merah memiliki kesamaan. Keduanya mengandung bahan aktif yang sama dengan jumlah yang sama pula, yaitu Phenol Crystal 1,4%. Keterangan indikasi dalam kemasan varian warna merah dan biru juga memiliki kemiripan, tetapi varian merah memiliki deskripsi fungsi yang lebih spesifik daripada varian biru, seperti meredakan tenggorokan kering dan bau mulut tak sedap.

Dalam situs produsennya, varian warna merah dan biru berada dalam kelompok produk yang sama. Hal itu berarti varian biru dan merah dapat dikatakan serupa dan hanya berbeda rasa.

Biru dan Merah Versus Oranye

Varian warna oranye memiliki fungsi dan kandungan yang berbeda dengan varian biru dan merah. Varian oranye memiliki kandungan tambahan berupa benzocaine yang merupakan obat anastesi atau bius lokal. Kandungan tambahan tersebut membuat varian oranye memiliki fungsi yang lebih ditujukan untuk mengurangi rasa sakit di area mulut, seperti meredakan sakit gigi dan sakit radang gusi.

Dari pengalaman saya, area yang disemprot dengan Cooling 5 Plus Orange akan terasa sedikit kebas. Rasa kebas itu mirip ketika disuntik obat bius oleh dokter gigi saat akan mencabut gigi. Jika area yang sakit hanya sedikit, sebaiknya pakai dengan cara dioles saja supaya lebih terkontrol dan tidak membuat seluruh area mulut terasa kebas.

Keterangan:
Informasi di artikel ini penulis dapatkan dari label kemasan produk-produk Cooling 5 yang dibeli di November 2020 - Juni 2021. Produsen dapat mengubah informasi tersebut sewaktu-waktu dan penulis tidak dapat selalu memastikan kemutakhiran informasi di artikel ini.

0
First published by  on Last Modified on 13 January 2022.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *