Diabetasol versus Entrasol Gold: Nutrisi untuk Lansia

Written by
(Last Modified: 22 October 2017)

Diabetasol atau Entrasol? Mana yang cocok untuk tambahan nutrisi lansia? Apa perbedaan kedua produk tersebut?

Diabetasol VS Entrasol Gold


Disclaimer: saya bukan ahli gizi atau dokter. Artikel ini hanya merupakan sharing info produk dari orang yang telah membeli Diabetasol dan Entrasol. Jika Anda butuh konsultansi apapun tentang nutrisi lansia, mohon hubungi dokter atau ahli gizi.


 

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, kemampuan biologisnya pun semakin menurun. Salah satunya adalah kemampuan mengonsumsi makanan. Mungkin pembaca pernah melihat iklan sebuah produk susu pengganti makan khusus lansia di televisi? Seperti itulah kira-kira kesulitan yang dihadapi para lansia. Jika terus-menerus kesulitan makan, para lansia akan semakin kekurangan nutrisi sehingga perlu cara lain untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Hal inilah yang mendorong beberapa produsen susu untuk memproduksi susu nutrisi khusus lansia.

Alasan Pemilihan Entrasol Gold dan Diabetasol

Entrasol Gold (Rasa Tawar)

Sebelum menjatuhkan pilihan saya kepada Entrasol Gold, saya sempat membandingkan beberapa produk susu nutrisi khusus lansia yang terdapat di rak sebuah supermarket. Dari informasi yang tercetak di kemasan produk yang tersedia di rak supermarket itu, menurut saya kandungan Entrasol Gold ini lebih banyak daripada rata-rata susu lainnya, dan harganya pun menurut saya sepadan dengan kandungannya - tidak murah, tapi tidak mahal juga jika dibandingkan produk susu lainnya.

Highlight kandungan yang tercetak di kemasan produknya adalah sebagai berikut:

  • Tinggi kalsium, Tinggi vitamin D, Tinggi magnesium, Hytolive (Ekstrak buah Zaitun), Tinggi serat, Sumber Selenium, Omega 3, Omega 6, 10 vitamin & 5 mineral

Ada pula keterangan pada kemasannya yang menyatakan "Konsumsi Entrasol Gold dua kali setiap hari dan penuhi 100% AKG* Anda (Vit E, Vit C, Vit B1, Vit B2, Vit B6, Vit B12, Asam Folat, Kalsium, Selenium)."

Alasan lain saya memilih Entrasol Gold adalah karena susu ini punya varian rasa Plain (Tawar). Rasa tawar ini merupakan pilihan yang paling aman buat yang takut coba-coba susu dengan rasa macam-macam yang ujung-ujungnya malah tidak cocok. Varian rasa tawar ini tidak membuat enek, menurut saya cocok untuk yang tidak terlalu suka susu.

Diabetasol (Rasa Vanila)

Awalnya saya tidak melirik susu Diabetasol karena susu ini tidak diiklankan sebagai susu nutrisi khusus lansia sedangkan misi saya waktu itu adalah mencari susu nutrisi untuk lansia.

Chatting singkat saya dengan seorang ahli gizi membuat saya mulai melirik Diabetasol. Waktu itu saya bertanya mengenai boleh tidaknya memberikan susu Entrasol lebih dari dua gelas kepada lansia yang sulit makan, dengan maksud menjadikan susu Entrasol sebagai pengganti makan. Sang ahli gizi membolehkan saja karena Entrasol Gold merupakan nutrisi dan jika ingin menjadikannya sebagai pengganti makan bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalori lansia. Akan tetapi, di antara penjelasan sang ahli gizi, beliau sempat menyebutkan Diabetasol sebagai pengganti makan. Beliau mengatakan bahwa Diabetasol merupakan nutrisi pengganti makan yang nilai gizinya lengkap dan seimbang, yaitu 260 kkal/saji.

Informasi awal mengenai Diabetasol bisa kita baca di website sang produsen.

Susu Diabetasol dideskripsikan sebagai susu diabetes yang merupakan asupan nutrisi pengganti makan yang lengkap dan seimbang untuk para diabetesi, dengan kandungan Vitadigest, serta Indeks Glikemik rendah untuk membantu menstabilkan kadar gula darah pada penyandang diabetes.

Dalam keterangannya pun secara jelas disebutkan bahwa Diabetasol ini adalah susu pengganti makan. Anjuran konsumsi yang tertulis dalam website produsen adalah: 2 gelas/hari sebagai pengganti makan utama (pagi dan malam) atau pengganti makan total (Per 60 gr/saji mengandung kalori 260 kkal). Pemberiannya bisa oral (diminum langsung) atau memakai sonde. Hal ini berbeda dengan Entrasol Gold yang tidak mengklaim diri sebagai susu pengganti makan. Dalam kemasannya, Entrasol Gold lebih menonjolkan pemenuhan kalsium, seperti slogannya 'High Calcium Drink for 51+ years old'.

Diabetasol memang tidak mengkhususkan diri sebagai susu pengganti makan untuk lansia, tetapi saya tetap mencobanya. Saya memilih rasa Vanilla dengan alasan yang kurang lebih sama dengan alasan saya memilih rasa tawar untuk Entrasol Gold. Menurut saya, rasa vanila lebih netral daripada varian rasa Diabetasol lainnya (cokelat dan cappucino).

Lalu, kenapa saya tidak mencoba susu pengganti makan khusus lansia yang iklan di TV itu? Saya sempat ingin mencoba, tetapi saya batalkan niat tersebut karena saya tidak bisa mendapatkan konfirmasi mengenai kehalalannya (apakah sudah bersertifikat halal MUI atau tidak).

Jadi, saya memutuskan memilih Diabetasol dan Entrasol Gold saja.

Sekarang mari kita bandingkan Diabetasol dan Entrasol Gold dalam sebuah tabel!

Tabel Perbandingan Entrasol Gold dan Diabetasol

[tabel lebih optimal dilihat di komputer atau di handphone dan tablet yang mendukung geser horizontal]

Entrasol Gold PlainDiabetasol Vanilla
TaglineHigh Calcium Drink for 51+ years oldSpecial Nutrition for Diabetic
KomposisiMaltodekstrin, Susu Skim, Konsentrat Protein Whey, Serat, Susu Full Krim, Minyak Nabati (mengandung Antioksidan Askorbil Palmitat), Isomaltulosa, Pemanis Alami Sorbitol, Perisa Artifisial (Susu, Vanila), Kalsium Kaseinat, Pengental Gom Xanthan, Pengemulsi Lesitin Kedelai, Ekstrak Buah Zaitun (Hytolive), Mineral, dan Vitamin.Maltodekstrin, Minyak Nabati (mengandung Antioksidan dl-α-Tokoferol dan Askorbil Palmitat) Dekstrin, Protein Whey, Isomaltulosa, Inulin, Pemanis Alami Sorbitol (1,7 g/saji), Perisa Identik Alami (Vanila, Susu), Pengemulsi Lesitin Kedelai, Pemanis Buatan Sukralosa (10 mg/saji), Mineral, dan Vitamin
KehalalanBerlogo halal MUI (00040011611299)Berlogo halal MUI (00040011611299)
Izin BPOMBPOM RI MD 867009277006BPOM RI MD 861009201006
Diproduksi olehPT Sanghiang Perkasa, Jakarta 13910, Jakarta
Pada kemasan 1000 g / 2x500 g:
PT Ultrajaya Milk Industry & Trading Company, Tbk, Bandung 40552, Indonesia untuk PT Sanghiang Perkasa, Jakarta 13910, Jakarta;

Pada kemasan 180 g:
PT Sanghiang Perkasa, Jakarta 13910, Jakarta

Takaran Saji±32 g±60 g
Jumlah Per Sajian
Total Energi130 kkal260 kkal
Energi dari Lemak25 kkal70 kkal
Energi dari Lemak Jenuh0 kkalTidak ada info
Lemak Total2.5 g (4% AKG)7 g (11% AKG)
Lemak Jenuh0 g (0% AKG)1 g (7% AKG)
Lemak Tidak Jenuh Tunggal0.5 g3.5 g
Lemak Tidak Jenuh Ganda0.5 g2.5 g
Lemak Trans0 g0 g
Kolesterol0 g0 mg
Protein5 g (8% AKG)10 g (16%) [N=1.5]
Karbohidrat Total21 g (7% AKG)39 g (13% AKG)
Serat Pangan2 g (8% AKG)4 g (14% AKG)
Total Gula6 gTidak ada info
Laktosa5 g< 0.5 g
InulinTidak ada info2 g
SorbitolTidak ada info1.7 g
Natrium / Sodium80 mg (3% AKG)110 mg (5% AKG)
Kalium / Potassium240 mg (5% AKG)220 mg (5% AKG)
Vitamin A25% AKG555 IU (30% AKG)
Vitamin C100% AKG34 mg (40% AKG)
Vitamin D340% AKG33 IU (8% AKG)
Vitamin E70% AKG1.7 mg (10% AKG)
Vitamin B160% AKG0.23 mg (25% AKG)
Vitamin B250% AKG0.28 mg (25% AKG)
Niasin40% AKG3.2 mg (20% AKG)
Vitamin B660% AKG0.37 mg (30% AKG)
Vitamin B1250% AKG0.33 µg (15% AKG)
Asam Folat50% AKG67 µg (15% AKG)
Asam PantotenatTidak ada info1 mg (15% AKG)
Kalsium60% AKG170 mg (20% AKG)
BesiTidak ada info2.4 mg (10% AKG)
Fosfor40% AKG120 mg (20% AKG)
Magnesium15% AKG60 mg (20% AKG)
Seng40% AKG3.3 mg (30% AKG)
YodiumTidak ada info25 µg (15% AKG)
Selenium55% AKGTidak ada info
Asam Linolenat70 mgTidak ada info
Asam Linoleat300 mgTidak ada info
Biotin15 µg12 µg
Klorida95 mg155 mg
Keunggulan produk yang tertulis pada kemasan produk
  • Tinggi kalsium (kalsium 500 mg/saji)
  • Tinggi vitamin D (vitamin D dapat membantu penyerapan kalsium)
  • Tinggi magnesium (magnesium dapat membantu menjaga kepadatan tulang)
  • Hytolive (ekstrak buah Zaitun)
  • Tinggi serat
  • Sumber Selenium
  • Omega 3 (70 mg/saji)
  • Omega 6 (300mg/saji)
  • 10 vitamin & 5 mineral (mengandung Vit. A, C, D3, E, B1, B2, Niasin, B6, B12, Asam Folat, Kalsium, Fosfor, Magnesium, Seng, dan Selenium)
  • Konsumsi Entrasol Gold dua kali setiap hari dan penuhi 100% AKG* Anda (Vit E, Vit C, Vit B1, Vit B2, Vit B6, Vit B12, Asam Folat, Kalsium, Selenium)
  • Tinggi Kalsium
  • Bebas Kolesterol
  • Mengandung serat (Diabetasol Vita Digest mengandung serat pangan (inulin dari chicory) yang dapat membantu mengendalikan kadar gula darah pada penderita Diabetisi tipe II bila disertai konsumsi pangan rendah lemak jenuh dan rendah kolesterol)
  • 11 vitamin & 6 mineral
  • Kandungan gizi Diabetasol sesuai dengan komposisi yang dianjurkan bagi Diabetisi.
  • Mengandung karbohidrat kompleks (polisakarida), protein, lemak, rendah lemak jenuh, rendah natrium, cukup serat, cukup vitamin, dan mineral.
  • Bagi Diabetisi yang tidak dapat mengkonsumsi makanan dalam bentuk biasa, lunak atau saring karena kondisi khusus tidak memungkinkan tersedianya dalam bentuk makanan biasa
  • Diabetasol dapat digunakan sesuai dengan diet harian yang baik, sebagai pengganti makanan utama (pagi dan malam) atau pengganti makanan total, serta dapat diberikan melalui sonde sesuai dengan petunjuk dokter/ahli gizi.
  • Diindikasikan bagi penyandang Diabetes yang tidak bisa/tidak cukup banyak makan makanan biasa, tidak bersedia makan, tidak nafsu makan, dan lain-lain.

Dengan melihat tabel perbandingan kedua produk susu tersebut di atas, kita bisa mengetahui bahwa setiap produk memiliki keunggulannya sendiri. Silakan pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan harian masing-masing ya.

 

 

Keterangan:
Informasi nilai gizi Diabetasol Vanilla penulis ambil dari keterangan pada kemasan dus Diabetasol Vanilla 1000g yang dibeli bulan Oktober 2017. Informasi nilai gizi Entrasol Gold rasa tawar penulis ambil dari keterangan pada kemasan dus Entrasol Gold rasa tawar 370g yang dibeli bulan Oktober 2017. Produsen dapat mengubah kandungan susu sewaktu-waktu. Penulis tidak dapat bertanggung jawab atas perubahan informasi dan tidak dapat memastikan kemutakhiran informasi.

Written by Dhyayi Warapsari
22 October 2017 (Last Modified: 22 October 2017)
Category: , ,
Tag: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *